PENGERTIAN PANEL GENSET BESERTA FUNGSI DAN MACAMNYA

Share & Comment

Pengertian Panel Genset yaitu panel yang berfungsi sebagai panel kontrol pengendali system operasional genset baik system manual maupun otomatis genset.

Dalam aplikasi di Lapangan Panel genset juga biasa disebut PKG ( Panel kontrol genset) atau ada yang menyebut GPC ( Genset Panel Control ).Apapun penyebutannya Panel genset merupakan system pengendali operasional genset.

Panel genset terbagi dalam beberapa system antara lain system :

  • Kontrol start stop manual – Panel Ac /Dc Genset
  • Kontrol start stop Auto – Panel Amf
  • Kontrol Tranfer daya Auto – Panel Ats
  • Kontrol Start stop auto dan transfer daya auto- Panel ats amf
  • Kontrol Tranfer daya manual – Panel COS
  • Kontrol Kawin Daya – Panel Singkron
Pengertian Panel genset beserta macam dan fungsinya
Panel ac/dc genset
Panel Ac / Dc genset

PANEL AC /DC GENSET  .Panel kontrol genset yang tujuan ya untuk mengontrol genset dari sisi engine dan generator fungsi utamanya untuk mengoperasikan generator yang meliputi starting , running, stoping, emergency stop dan dilengkapi dengan proteksi dan monitoring baik proteksi dan monitoring terhadap diesel engine maupun terhadap alternator (generator) biasanya panel ini penempatannya ada ada di body genset atau diluar body genset

Panel AMF

AMF (  Automatic Main Failure ) kerja otomatisasi terhadap sistem kelistrikan cadangan apabila terjadi gangguan pada sumber listrik utama (Main /PLN ), istilah ini secara umum sering dijabarkan sebagai sistim kendali start dan stop genset secara auto..

Panel amf  sudah banyak yang menggunakan MODUL control,dengan fitur monitoring komplit dan fitur proteksi yang cukup mumpuni.Automatic main failure berfungsi sebagai kontrol utama emergency power yaitu memonitoring dan sensoring  daya utama (PLN) , Jika PLN mengalami gangguan maka modul ini akan memberikan perintah kepada Genset untuk melalukan starting serta memonitoring dan sensoring Genset.

Apabila genset telah starting dan running maka module ini akan memonitoring kualitas energi listrik yang dihasilkan genset sekaligus proteksi apabila ada ganguuan pada system engine dan system generator.

Panel ATS

ATS (Automatic Transfer Switch) berfungsi  sebagai perpindahan daya antara PLN dan GENSET  atau sebaliknya secara secara otomatis dan bisa di setting sesuai dengan kemauan kita.

Untuk Tranfer energy listrik pun  ( ATS ) di kendalikan secara otomatis .begitu pln padam genset otomatis genset akan hidup ,setelah generator mengeluarkan Tegangan maka Energi listrik langsung auto transfer ke beben begitu pula sebaliknya..

Pengertian Panel genset beserta macam dan fungsinya
Panel ATS AMF

Panel ATS AMF

Panel atsamf atau biasa disebut panel otomatis genset merupakan perpaduan dua system Yaitu Sistem ATS (Automatic Transfer Switch) dan AMF  (  Automatic  Main Failure ) yandi jadikan satu dalam 1 box panel.

ATS (Automatic Transfer Switch) berfungsi  sebagai perpindahan daya antara PLN dan GENSET  atau sebaliknya secara secara otomatis dan bisa di setting sesuai dengan kemauan kita.

AMF  (  Automatic  Main Failure ) Berfungsi sebagai sinyal untuk menghidupkan dan mematikan  genset secara otomatis, apabila PLN (main )  padam (failure )maka amf akan memerintahkan genset untuk hidup dan apabila PLN ( main) sudah nyala kembali maka amf memrintahkan genset untk Stop yang disertai dengan system pendinginan dahulu.

 

Panel COS

Panel COS (Change Over Switch)atau biasa orang menyebut dengan Ohm Saklar adalah suatu alat listrik untuk memindahkan daya listrik dari sumber listrik utama ( PLN ) dengan sumber listrik cadangan ( genset) atau  mentransfer power pln ke genset atau sebaliknya Secara Manual

Dengan 3 posisi Pilihan Posisi PLN-Posisi Netral 0-Posisi genset Apabila genset  yang dijalankan manual beroprasi dengan baik,berikutnya COS bertugas memindakan sambungan dari sebelumnya yang tersambung dengan pln dipindakan secara manual kesisi genset sehingga aliran listrik bisa tersambung kesisi pengguna.

Apabila kemudian pln kembali normal,selanjutnya COS bertugas untuk mengembalikan jalurnya dengan memindahkan switch kembali kesisi utama dan untuk kemudian disusul dengan tugas operator untuk memberhentikan kerja mesin diesel tersebut.

Pengertian Panel genset beserta macam dan fungsinya
Panel COS

Baca juga : Panel ats amf

Panel Singkron Genset

Panel singkron genset yaitu panel yang berfungsi sebagai panel kontrol untuk mengawinkan daya genset antara 2 genset atau lebih tujuanya supaya mendapat Daya lebih besar dengan mengawinkan dari sumber daya tersebut.

Syarat  dasar dari Singkron genset agar daya genset bisa kawin adalah sebagai berikut :

  • Tegangan kerja yang sama
  • Urutan phase yang sama
  • Frekuensi kerja yang sama
  • Sudut phase yang sama

Degan syarat dasar diatas maka singkron dapat berjalan selanjutnya bagaimana setelah daya sudah kawin tinggal mengatur beban atau load searing dan juga  pengaturan rugi beban atau COS P.

Untuk Auto singkron menggunakan modul yg sudah dilengkapi dengan sistem auto manual singkron ,proteksi2 dan load searing dll.

Pengertian Panel genset beserta macam dan fungsinya
Panel singkron genset

Demikian  penjelasan tentang macam-macam Panel genset dan fungsinya.semoga bermanfaat sebagai Refrensi anda apabila ada kebutuhan Panel tersebut.

Kami Melayani pembuatan panel genset dan Jasa  Service panel genset  Kami ditangani oleh tenaga teknisi  yang handal , terlatih dan jujur akan memberikan pelayanan yang terbaik untuk Panel genset  Anda . Untuk harga jasa service dan pembuatan panel genset kami dapat bersaing dengan competitor yang lain.

Untuk Informasi lebih lanjut dapat menghubungi  :

ELECTRICAL PANELINDO

Hp / WA : 081318261117

E-mail : electricalpanelindo@gmail.com


Tags:

ELECTRICAL PANELINDO Powered by

Panel maker melayani Pembuatan panel listrik , service panel listrik dan juga Wiring dan maintenanace panel listrik antara lain panel ats-amf,panel singkron genset , panel kap. bank , panel distribusi ,dll.

0 komentar:

Posting Komentar

 

OUR PRODUCTS

MAP

Copyright © JASA PEMBUATAN PANEL LISTRIK | Designed by Templateism.com