PANEL ATS DENGAN KOMPONEN MCCB

Share & Comment

PANEL ATS DENGAN KOMPONEN MCCB
Panel ATS (automatik tranfer swicth) besicnya adalah 2 breker yan bekerja bergantian secara interlock,sekarang ini banyak macam breker dari yang magnetik,air,motoris,
dan yang tebaru pakai selenoid (1 breker 2 sistem) tapi mari kita lebih mengenal panel ats yang  menggunakan MCCB :
Panel ats-amf seringkali mempergunakan MCCB/ACB yang dilengkapi dengan Motorized sebagai operator sistim automatic close/open breaker, keuntungan dari penggunaan MCCB ini adalah :
melayani service ats
mccb motoris

1. Unit MCCB/ACB antara Genset dan Unit MCCB/ACB PLN terpisah/berdiri sendiri sehingga apabila terjadi kerusakan pada salah satu sistim saja maka cukup dilakukan penggantian sistim yang bermasalah.
2. Unit MCCB/ACB dan Motorized terpisah, sehingga apabila terjadi kegagalan/kerusakan pada salah satu unit maka penggantian ataupun perbaikan cukup dilakukan pada unit yang bermasalah saja. 
3. Unit MCCB/ACB umumnya sudah dilengkapi dengan fasilitas proteksi seperti OverCurrent dan Short Circuit, sehingga fungsinya selain sebagai alat tukar sumber juga sekaligus sebagai protektor terhadap terjadinya kegagalan pada sistim beban.
4. Sistim interlock dapat dirangkai secara mekanik (mechanism interlock) ataupun elektrik (electrical interlock) 
Tentu saja dengan fasilitas yang cukup komplit berbanding lurus dengan harga. Harga MCCB/ACB yang dilengkapi dengan motorized, under voltage release (MN/UVT) ataupun closing release ini relatif jauh lebih tinggi dibandingkan dengan penggunaan COS Motorized ataupun Magnetic Contactor.
MCCB yang tersedia lengkap dengan sistim motorized ini yang mudah ditemukan di pasaran adalah merk Merlin Gerin, ABB dan Chint, untuk merk lain seperti LG, GE, Mitsubhisi, Fuji, Terasaki, Moeller dll ketersediaannya harus inden terlebih dahulu.
Untuk ACB dengan rating kapasitas besar, umumnya beberapa merk produk masih bisa didapatkan dengan mudah.
JUAL PANEL ATS-AMF

melayani service ats
acb motoris
MN/UVR/UVT = UNDER VOLTAGE RELEASE  
Sistim Operasi : Bila UVT diisi tegangan maka coil akan bekerja menarik togle mekaniknya, sehingga ACB/MCCB bisa bekerja secara Normal Close (ON)/Open (OFF) tanpa ada hambatan. Bila tegangan dilepas maka togle mekanik akan kembali normal melepas togle  dan menekan/mengunci sistim mekanik pada ACB sehingga ACB akan Trip (Bila posisi sebelumnya ON) atau akan mengunci sistim mekanik ACB/MCCB sehingga tidak bisa dioperasikan ON/OFF baik secara Auto maupun Manual bila UVT terpasang.          
XF = CLOSING RELEASE      
Sistim Operasi : Bila diisi tegangan maka coil akan bekerja menekan/mendorong togle mekanik ACB sehingga ACB akan Close/ON (pemasangan pararel dengan tombol mekanik ON), Setelah ACB/MCCB ON/Close maka Closing Release coil harus dilepas tegangannya agar togle kembali diposisi semula dan tidak mengunci sistim OFF/Open, ini biasa di lakukan dengan cara menginterlock salah satu cable control yang menuju ke coil melalui Auxiliary Contact yang tersedia (NC) sehingga sewaktu ACB sudah Close/ON, sistim  ke Coil terputus dan XF tidak bekerja lagi.             
MX = SHUNT TRIP       
Sistim Operasi : Sistim kerja persis sama dengan XF, biasanya barangnya juga sama/satu macam. Hanya sedikit perbedaannya adalah terletak pada FUNGSI dan LETAK pemasangannya. Fungsi MX adalah untuk membuka ACB/Open, pada saat diisi tegangan, coil akan  mendorong togle mekanik yang menekan sistim mekanik OFF pada ACB sehingga ACB/MCCB akan OFF/Open.      Pemasangan biasanya pararel dengan tombol mekanik OFF pada ACB.  Karena sistim kerja hanya sesaat maka wiring cable harus dilewatkan dulu melalui Auxiliary Contact NO (terbuka/open contact pada saat CB Off/Open. Dan harus Contact pada saat ACB pada posisi ON/Close.             
OF/SD = AUXILIARY CONTACT      
Sistim Operasi : Hanya berupa Switch ON/OFF NO (Normally Open/kondisi normal terbuka/lepas), NC (Normally Close/kondisi normal berhubungan/sambung) dan C (Common/basis yang bisa dihubungkan dengan NO/NC)             
SDE = AUXILIARY TRIP       
Sistim Operasi : Pada prinsipnya sama dengan OF/SD, hanya saja Auxiliary jenis ini hanya akan bekerja/ posisi switch berubah akibat terjadinya Trip Overload/OverCurrent/Fault lainnya. Fungsi Auxiliary ini adalah untuk memberikan proteksi tambahan agar bila terjadi Fault/ semacamnya maka motor ACB/MCCB, MN,MX,XF akan secara automatis tidak dapat  difungsikan kecuali di reset secara manual atau melalui Remote Reset.          
MCH = GEAR MOTOR/MOTOR MECHANISM    

Sistim Operasi : Berupa Sistim mekanik dan Motor yang berfungsi untuk menyiapkan spring mekanik dalam keadaan siap untuk dioperasikan ON (Close) atau OFF (Open).  Biasanya sudah dilengkapi dengan fasilitas pemutus tegangan bila kondisi motor sudah selesai tugasnya, maka motor tidak akan bekerja lagi.    Fasilitas lain yang tersedia adalah biasanya Motor MCCB/ACB setelah melakukan reset/ Energize, maka motor akan berhenti sendiri, tetapi kadang-kadang dilengkapi  dengan fasilitas tambahan NO, sehingga apabila Motor selesai Energize maka akan keluar tegangan pula (Aux NO) yang bisa dimanfaatkan lagi untuk Closing/Open ACB/MCCB melalui XF/MX.

HUBUNGI KAMI:


Tags: , ,

ELECTRICAL PANELINDO Powered by

Panel maker melayani Pembuatan panel listrik , service panel listrik dan juga Wiring dan maintenanace panel listrik antara lain panel ats-amf,panel singkron genset , panel kap. bank , panel distribusi ,dll.

 

OUR PRODUCTS

CONTACT US

Copyright © JASA PEMBUATAN PANEL LISTRIK | Designed by Templateism.com